5 Hal Penting sebelum memakai Fb Ads untuk Blog Adsense

wajib tau sebelum pakai fb ads untuk blog

Sobat blogger pasti sudah tau yang namanya Google Adsense (GA). tidak jarang orang sudah menggantungkan hidup mereka dari program google satu ini misalnya seperti menjadi seorang blogger dan youtuber. GA sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003, dimana kala itu pada awal peluncurannya hanya berguna untuk website atau blog pribadi namun kini youtube sudah menjalin kerjasama dengan pihak Google maka GA juga turut mengambil bagian dalam memonetisasi video dari channel youtube sampai saat ini. 

Baik itu blogger maupun youtuber semua pasti bergantung pada satu hal yakni trafik dari pengunjung yang melihat web atau channel yt mereka. trafik dinilai menjadi acuan penting dalam menjalankan kedua hal tersebut sebab dari situ GA akan memberikan berupa uang sesuai kelipatan yang berlaku ditambah lagi peluang untuk mendapatkan klik iklan yang meningkat. 

Baca Juga : Fakta mengenai Facebook melakukan pencurian data

Pada jaman ini ada banyak media periklanan yang dapat membantu channel atau web kita menjadi populer salah satunya yaitu Facebook Ads (Fb Ads), dengan bermodalkan akun facebook dan uang untuk kampanye iklan maka dengan mudah dan cepat web atau channel yang kita miliki akan meraih popularitas dengan kata lain mendapat visitor yang banyak (sesuai jumlah daerah dan target audience)

Tujuan hal tersebut diberlakukan memang untuk seperti itu, namun ada satu hal yang jangan sampai dilupakan terutama bagi seorang publisher Adsense sebab jika salah sasaran maka blog yang anda miliki akan menjadi buruk di SERP Google bahkan bermasalah pada akun Google Adsense karena banyaknya invalid trafik pada web atau blog anda.

Lalu apa saja hal yang menyebabkan itu terjadi..?

Berikut 5 Hal penting Fb Ads untuk Blog


  • Konten Blog

Dengan adanya kebebasan untuk beriklan serta menyatakan pendapat, berita, informasi meskipun tidak jelas darimana sumbernya maka dapat menjadi pemicu blog tidak cocok untuk masuk kedalam Fb Ads, sebab tidak jarang kita temui sumber berita Hoax (tentang politik, alam, ekonomi) berasal dari blog bahkan bukan itu saja ada banyak informasi penipuan yang juga sering memakai domain blogspot (gratisan) ataupun menggunakan domain berbayar namun tetap menggunakan CMS blogspot.

Hal ini justru menjadi efek domino bagi blogger berkualitas sekalipun. karena hal tersebut maka setiap informasi akan dicap jelek atau tidak baik untuk setiap web yang menggunakan CMS blogspot, padahal belum tentu benar karena masih ada banyak publisher adsense diluar sana yang memang memiliki niat memberi manfaat bagi setiap pembaca webnya. oleh karena itu sebelum memulai iklan di Facebook ada baiknya memilih konten yang benar benar memberi solusi atas masalah yang dicari si pembaca.

Baca Juga : 3 Bahaya Situs Nonton film Online

  • Iklan yang mengganggu

Seperti yang sering Google jelaskan bahwa dalam membangun setiap Website ada satu aspek beristilah 'User Experience' yang perlu diperhatikan, hal tersebut juga bukan tanpa alasan karena tingkat kepuasan pembaca menjadi tolak ukur bagi si pemilik website selain daripada tulisan yang mudah dipahami.

Tidak jarang iklan yang dipasang oleh publisher sangat menggangu pembaca karena menggunakan script floating (iklan mengambang), alih alih bertujuan untuk memberikan manfaat dan solusi yang ada malah justru pembaca tidak betah berlama lama untuk membaca artikel tsb. oleh karena itu pergunakan dan atur jumlah iklan sesuai dengan Term of Service (TOS) Google sampaikan.

  • Invalid Klik

Kita tahu bahwa penghasilan blogger kebanyakan dari Google Adsense maka dengan diterimanya GA sebagai partner, sang blogger tersebut sudah resmi sebagai publisher adsense. untuk mendapat penghasilan tidak cukup mengandalkan trafik pengunjung (visitor) diperlukan juga daya tarik pembaca terhadap iklan yang tampil di website kita dengan cara mengklik iklan tersebut. 

namun ada yang keliru terkait hal ini karena ambisi untuk mendapat penghasilan secara instan maka si publisher tersebut menggunakan beragam macam cara agar iklannya banyak di klik oleh pengunjung salah satunya seperti yang saya sebutkan pada poin kedua diatas. padahal cara seperti itu justru tidak sehat untuk performa akun adsense, semakin banyak invalid klik maka semakin besar pula akun adsense untuk menjadi sasaran di Banned oleh GA.

Baca Juga : Daftar Provider Internet yang Murah dan Cepat
  • Jangka Waktu 
Perlu diketahui bahwa pengunjung web lebih baik organik (asli) dari mesin penelusuran google dibandingkan dengan pengunjung dari sosial media seperti Fb, twitter, instagram. hal ini sudah sering kali dijelaskan oleh mastah blogger diluar sana bahwa blog akan lebih baik di SERP Google apabila banyak artikel yang muncul pada halaman pertama. 

karena apabila artikel yang dibuat muncul pada halaman pertama dengan kata kunci tertentu maka secara otomatis blog yang kamu miliki akan mengalami peningkatan mulai dari pengunjung hingga pendapatan. oleh karena itu penggunaan iklan jangan dilakukan terlalu sering agar terhindar dari SPAM, perbanyak riset kata kunci dan menulis artikel original merupakan salah satu cara agar blog yang dimiliki banyak pengunjung. 

  • Budget Iklan
Dalam memulai sebuah iklan tentu dibutuhkan dana atau uang yang jumlahnya juga relatif tergantung seberapa lama iklan tersebut ingin ditampilkan. dengan menyesuaikan alokasi dana serta waktu maka iklan yang kamu buat akan lebih bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap memperbarui blog dengan mengisi artikel original.

Beberapa hal diatas sudah dirangkum berdasarkan analisa serta pengalaman pribadi oleh karena itu ada baiknya memahami poin tersebut sebelum memakai Iklan di Fb Ads, Sekian pembahasan artikel ini, Semoga bermanfaat.

Think and do it.

Related Posts

5 Hal Penting sebelum memakai Fb Ads untuk Blog Adsense
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung