Cara Mengatasi File yang dianggap Virus oleh Avira (Exception)

setting antivirus 2018

Sebagai pengguna komputer atau laptop memiliki sebuah antivirus merupakan sebuah kewajiban yang bukan tanpa alasan, sebab hal tersebut berfungsi agar perangkat milik kamu dapat mempunyai pertahanan dari serangan virus yang bisa menyebar lewat data, jaringan, website hingga perangkat keras seperti flashdisk.

Virus sudah ditemukan dari awal terciptanya sistem komputer, mulanya virus bertujuan untuk membuat para ahli atau golongan tertentu mempelajari kelemahan dari sistem itu sendiri namun disatu sisi hal tersebut jadi pemicu munculnya ide untuk menghancurkan atau melemahkan perangkat komputer yang bertujuan untuk kejahatan seperti mencuri data, menduplikasi, menipu, dan lain sebagainya.

Ada banyak jenis dari virus yang berkembang pada perangkat komputer hingga sekarang tetapi ada sebuah hal yang menjadi penghalang dari cara kerja 'perangkat jahat' satu ini yang disebut 'Anti Virus' sekaligus menjadi tameng bagi Malware, Ransomeware, hingga Worm.

Baca Juga : Apa itu Ransomeware ?

Para ahli dan Asosiasi Komputer internasional sepakat setiap komputer wajib dipasang antivirus yang berguna untuk menjaga performa komputer tetap berjalan dengan baik, ada beberapa antivirus yang sangat populer di dunia ini antara lain : 

  1. Kaspersky Lab
  2. Avast (Internet security)
  3. Avira Antivirus
  4. AVG
  5. Norton
Baca Juga : Cara Membuat Komputer kebal dari Virus

Dari daftar diatas Viyovi akan membahas salah satu antivirus yang bernama 'Avira', perangkat lunak ini sudah ada sejak tahun 1988 bertempat di Jerman dengan seorang pendiri yang bernama Tjark Auerbach, aplikasi penangkal virus ini juga cukup populer di Indonesia dengan data dari tingkat pengguna terbanyak yang tersebar diseluruh nusantara.

Lalu apa yang hendak dibahas dari Avira...? 

Ada cara kerja unik yang bisa kita temukan dari perangkat ini, misalkan seperti proteksi yang ditawarkan cukup maksimal sehingga data yang terdapat dalam komputer tetap pada proses pemeriksaan (scanning) yang akan bekerja ketika kita menyalakan komputer atau laptop. 

Tetapi ada satu hal yang cukup janggal untuk para pengguna antivirus ini dimana proses dari proteksi tersebut seakan berlebihan dan mengakibatkan file atau perangkat lunak lain milik kita yang bukan semestinya virus malah dianggap sebaliknya oleh Avira, memang cukup mengganggu apabila file tersebut kebetulan file penting seperti skripsi atau tesis tapi bukan hanya sampai situ saja sebab ada cara yang harus dilakukan agar hal tsb tidak terjadi, seperti apa caranya?

Berikut Cara Mengatasi (Exception) File yang dianggap Virus oleh Avira 

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi antivirus tsb... 


Avira yang saya gunakan pada penjelasan kali ini versi 15, mungkin akan berbeda jika kamu menggunakan versi lain.

  • Klik System Scanner


  • Sesudah terbuka, silahkan klik 'Configuration'

  • Akan muncul jendela baru, disini merupakan poin terpenting untuk konfigurasi aplikasi apa yang akan dilakukan pengecualian (exception)



**Lakukan sesuai urutan yang sudah tertulis didalam gambar

**Pada poin ke 2 masukkan aplikasi yang akan dilakukan pengecualian karena dianggap virus oleh Avira

**Poin ke 3 menjelaskan bahwa aplikasi kamu sudah masuk ke daftar pengecualian

  • Selanjutnya klik bagian "Real time protection" >> "Scan" >> "Exception" dan lakukan urutan sesuai gambar dibawah ini


  • Pada poin ke 3 dan 5 masukkan aplikasi yang dianggap virus oleh Avira, sama seperti pada gambar sebelumnya.
  • Setelah melakukan semua konfigurasi di atas jangan lupa untuk mengklik 'Apply' dan 'Ok' supaya prosesnya terselesaikan.
Demikian cara membuat pengecualian (exception) aplikasi pada antivirus avira selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat.

Think and do it.

Related Posts

Cara Mengatasi File yang dianggap Virus oleh Avira (Exception)
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung