Materi Bahasa Pemrograman C++ Terbaru

belajar bahasa pemrograman c++

Materi Stuktur data C++

Bagi mahasiswa yang menekuni bidang ilmu komputer, teknik informatika atau yang berbasis pada IT tentu tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman yang satu ini. C++ merupakan bahasa kelas 'high level language'  yang berarti bahasa yang dipakai dalam C++ hampir menyerupai bahasa yang digunakan oleh manusia. 

Ada banyak refrensi yang dapat dijadikan metode pembelajaran bahasa pemrograman ini. mungkin bisa kalian cari dari buku , internet , atau belajar kepada teman terdekat.

BACA JUGA : Kamu Mahasiswa ? Coba Lakukan Hal ini..

Bagi kalian yang ingin mencari refrensi seputar pembelajaran bahasa pemrograman khususnya C++ , silahkan simak beberapa materi bahasa pemrograman c++ berikut :
  • STACK & QUEUE

STACK berarti suatu tumpukan dari benda. Konsep yang dipakai adalah LIFO (Last In First Out) , maksudnya benda yang terakhir masuk dalam stack akan menjadi benda yang pertama sekali yang akan dikeluarkan dari stack. Ada 2 operasi yang digunakan dalam stack , yang pertama yaitu push dan pop , simak program tentang stack berikut ini : 



QUEUE merupakan suatu arti dari antrian. Queue merupakan salah satu contoh aplikasi yang dapat dicontohkan dalam Antrian belanja , atau antrian di Mesin ATM. seseorang yang masuk kedalam antrian disebut sebagai Enqueue. Dalam antrian menggunakan konsep FIFO (First In First Out) yang artinya antrian biasa dimana yang pertama datang akan menjadi yang pertama keluar dari antrian. 

Dalam antrian juga terdapat beberapa istilah lain yaitu LIFO (Last In First Out) dimana yang duluan masuk akan terakhir keluar dari antrian.
Simak program dari Queue secara umum berikut ini : 



  • POINTER & STRUKTUR

POINTER adalah suatu variabel yang digunakan untuk menyimpan alamat dari suatu data. Pointer dideklarasikan dengan menggunakan tanda asteris(*) , kemudian diikuti oleh nama pointer tersebut. Simak program dari pointer berikut ini : 



STRUKTUR adalah sekumpulan variable yang tiap tiap variabel tersebut dapat berbeda tipe dan dikelompokkan ke dalam suatu nama. Struktur membantu mengatur data-data yang rumit dengan mengelompokkan sekelompok variable menjadi satu kesatuan.
Simak program dari Struktur berikut ini :



BACA JUGA : Soal Latihan Bahasa Pemrograman C++
  • SORTING

SORTING adalah proses menyusun elemen - elemen dengan tata urut tertentu dan proses tersebut terimplementasi dalam bermacam aplikasi. Beberapa macam algoritma sorting telah dibuat karena proses sangat mendasar dan sering digunakan. Berikut beberapa algoritma sorting : 

BUBBLE SORT , adalah cara pengurutan yang sederhana, konsep dari bubble sort adalah "gelembung air" untuk elemen struktur data yang semestinya berada pada posisi awal. cara kerjanya adalah dengan berulang ulang melakukan traversal (looping) terhadap elemen elemen strtuktur data yang belum diurutkan. berikut program dari bubble sort : 



SELECTION SORT , merupakan salah satu metode sorting yang termasuk sederhana juga. Ide dasar dari jenis sorting ini adalah melakukan beberapa kali pass untuk melakukan penyeleksian elemen struktur data. Untuk sort ascending (menarik), elemen yang paling kecil diantara elemen elemen yang belum diurut , disimpan indeksnya.

Setelah itu , dilakukan pertukaran nilai elemen dengan indeks yang disimpan tersebut dengan elemen yang paling depan yang belum diurut , begitupun untuk sebaliknya.. Berikut program dari selection sort :



INSERTION SORT , merupakan salah satu algoritma pengurutan dengan cara menyisipkan / insert jika menemukan nilai yang lebih kecil , sehingga algoritma ini menyelesaikan pengurutan secara bertahap dari kiri ke kanan atau sebaliknya. 

Dengan syarat elemen yang akan diurutkan selanjutnya diurutkan dulu pada elemen elemen yang telah terurut sebelumnya dengan cara langsung menyisipkan diantara elemen tersebut yang sesuai , berikut program dari insertion sort : 



SHELL SORT adalah salah satu algorima sorting dengan sistem pengurutan yang lebih handal dibandingkan algoritma sorting sebelumnya , kemampuan utama jenis sorting ini adalah "membagi deret data menjadi dua bagian. masing masing bagian diurutkan menggunakan bubble sort" , berikut program dari shell sort : 



QUICK SORT adalah metode pengurutan data yang dikemukakan pertama kali oleh C.AR Hoare pada tahun 1962. Metode ini menggunakan strategi "pecah-pecah" dengan mekanisme tertentu . berikut program dari quick sort : 



  • SEARCHING

Algoritma searching adalah algoritma yang menerima sebuah argument kunci dan dengan langkah langkah tertentu akan mencari rekaman dengan kunci tersebut. Setelah proses pencarian dilaksanakan, akan diperoleh salah satu dari dua kemungkinan , yaitu data yang dicari ditemukan atau tidak ditemukan. 
Algoritma searching yang sering digunakan adalah Linier Search & Binary Search 

LINIER SEARCH adalah pencarian berurutan yang paling sederhana , pencarian ini merupakan proses membandingkan setiap elemen larik satu persatu secara berurutan , mulai dari elemen pertama sampai elemen yang dicari ditemukan. berikut program linier search : 



BINARY SEARCH adalah sebuah teknik untuk menemukan nilai tertentu dalam sebuah larik (array) linear , dengan menghilangkan setengah data pada setiap langkah , dipakai secara luas tetapi tidak secara ekslusif dalam ilmu komputer. berikut program binary search



sekian beberapa materi struktur data bahasa pemrograman c++

Think and do it.

Related Posts

Materi Bahasa Pemrograman C++ Terbaru
4/ 5
Oleh

1 comments:

Tulis comments
avatar
Anonymous
July 2, 2018 at 10:34 PM

Terima kasih banyak, sangat membantu sekali untuk refrensi tugas akhir saya

Reply

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung