Blibli.com Resmi Akusisi Tiket.com


Tepat 10 Juni 2017, Blibli.com akhirnya resmi akusisi perusahaan online travel agent yaitu Tiket.com dengan kepemilikan saham 100 persen. Pengumuman itu sendiri dilakukan oleh CEO Tiket.com yaitu Gaery Undarsa. 

Proses akusisi yang dilakukan Blibli.com terhadap Tiket.com menghabiskan waktu  selama 5 bulan. "Sebelum ulang tahun keenam yang diperingati tahun ini, Tiket.com mengumumkan milestone penting bagi kami dan Blibli.com. Sejak 12 Juni lalu, Tiket.com resmi diakusisi oleh Blibli.com ", ujar Gaery didepan panggung pada Kamis (16/6) di kawasan Senayan.
Baca Juga : Benarkah Mata Najwa di Hack ?
"Kami ingin terus ekspansi dan tumbuh. Di awal tahun ini, Blibli memang sudah mulai ekspansi ke travel, kereta api dan hotel. Itu potensinya sangat besar. Dari sana kami berpikir, apakah mau bertumbuh grow organic terus atau siapa tahu ada partner yang bisa digandeng", jelas Kusumo selaku CEO dari Blibli.com

"Kalau soal kerja sama kan sudah lama. Jadi kami sudah kebayang kedepannya akan melakukan atau membuat produk apa, kalau ada yang bisa disatukan ya kami satukan. Kalau tidak ya kami biarkan berjalan terpisah", terang Kusumo.


Sedikit informasi, Tiket.com merupakan perusahaan tiket online yang didirikan oleh Gaery Undarsa bersama Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, dan Natali Ardianto pada tahun 2011 silam. Sejak masa pengembangannya, Tiket.com telah mengembangkan berbagai layanan tiketing, mulai dari event, penerbangan lokal dan internasional, kereta api dan penyewaan mobil. 
Setelah akusisi selesai, tidak banyak yang berubah dari Tiket.com. Hal yang berubah hanyalah posisi CEO dari Tiket.com tidak lagi ditempati oleh Gaery, namun sudah diisi oleh George Hendrata. Sementara Gaery akan menempati posisi sebagai Chief Communication Officer (CCO).

Sayangnya, nilai dari akusisi tersebut tidaklah diungkapkan. "Akusisinya kami sepakat untuk melakukannya dengan Rupiah. Tapi soal jumlahnya, kami tidak bisa ungkapkan", jelas Gaery. Dia hanya mengungkapkan bahwa transaksi disepakati dengan nilai yang memuaskan bagi kedua belah pihak. Blibli.com melalui rilisnya mengatakan bahwa sumber dana untuk mengakusisi Tiket.com berasal dari dana internal untuk pengembangan bisnis Blibli.com

Target yang ingin dicapai Blibli.com atas akusisinya yaitu pertumbuhan pendapatan organik maupun non organik sebanyak 2,5 kali pada semester akhir 2017. Tiket.com juga diberikan dukungan penuh oleh Blibli.com dari sisi share inventory, yang berarti inventaris yang dimiliki oleh Blibli.com bisa juga dipakai oleh Tiket.com

Hanya seorang pemikir dan pecandu teknologi dan juga berharap suatu saat nanti dapat membuat terobosan sendiri yang akan membuat dunia menjadi lebih baik.

Related Posts

Blibli.com Resmi Akusisi Tiket.com
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung