Sang Peniru yang Sukses, Instagram


Salah satu media sosial yang sangat digandrungi oleh anak muda zaman ini, apa lagi kalau bukan Instagram. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter, digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Pengguna aktif dari Instagram saat ini telah mencapai 600 juta dan 22 juta penggunanya berasal dari Indonesia. 

Yap, aplikasi ini merupakan buatan alumni Standford  University, yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger. Mereka menciptakan Instagram pada Oktober 2010 dan hadir eksklusif untuk perangkat berbasis iOS dan hadir di platform Android pada 3 April 2012. Dan saat ini, Instagram telah diakusisi oleh perusahaan besar milik Mark Zuckerberg, yaitu Facebook sepekan setelah Facebook hadir di platform Android.
Baca Juga : Facebook Lovers? Ketahui ini !!!
Namun, pernahkah kamu berpikir apa yang membuat start-up yang awalnya hanya berisikan 13 orang ini mendapatkan kesuksesan besarnya ?. Kenapa Instagram menjadi media sosial yang sangat populer, padahal hanya berisikan foto dan video ?.  Selalu ada kelebihan dan kekurangan dalam sesuatu hal, tanpa terkecuali termasuk Instagram. Penasaran ?

Kelebihan Instagram : 

1. Tidak berbayar / Free

Siapa sih yang tidak mau aplikasi gratis namun keren ? Yap, Instagram mengabulkan apa yang anda inginkan selama ini. Aplikasi Instagram dapat anda unduh dari Play Store ataupun App Store secara gratis dan yang paling mengejutkannya lagi, aplikasi ini tidak disisipkan iklan sehingga membuat kita merasakan kenyamanan tanpa takut terganggu oleh iklan yang menyebalkan

2. Mendukung banyak perangkat

Siapa sih yang suka dengan aplikasi yang hanya bisa digunakan di sedikit platform ? Yap, Instagram menjawab apa yang anda kehendaki selama ini, yaitu dapat digunakan di berbagai jenis platform, termasuk PC. Anda dipastikan dapat menggunakan di banyak platform tanpa mengurangi kualitas dari aplikasi itu sendiri.
Baca Juga : Kuota 4G Cepat Habis? Ini Alasannya !
3. Terhubung dengan media sosial lain

Instagram tampaknya tidak ingin menjadi media sosial yang memonopoli penggunanya. Ini terlihat jelas saat kita memakai aplikasi ini, yaitu kita diberikan pilihan untuk share ke beberapa media sosial lain yang membuat kita tidak perlu kerja dua kali untuk membuat sebuah postingan di media sosial yang berbeda. So, jika anda memiliki usaha bisnis online, anda sangat dimudahkan dengan aplikasi ini.

4. Mudah membuatnya

Setelah menginstal aplikasi ini pada perangkat anda, maka anda akan diharuskan untuk melakukan pendaftaran. But, jangan khawatir dengan masalah itu. Karena untuk menjadi pengguna Instagram anda diberi 3 pilihan, yaitu masuk dengan akun Facebook kamu, atau dengan email atau nomor telepon. Mudah bukan ?

Kekurangan Instagram

1. Terlalu banyak memakan data

Merupakan sebuah resiko dari sebuah aplikasi yang berisikan foto dan video, yaitu terlalu banyak memakan data/kuota dalam penggunaanya. Ini merupakan hal yang lazim dan berbanding lurus dengan pengunaanya. Jika anda hendak menggunakan aplikasi ini, berpikirlah dua kali jika perangkat yang anda gunakan hanya memiliki penyimpanan yang kecil, karena akan membuat perangkat anda terasa lebih berat dalam pemakaiannya. 

2. Durasi video yang terlalu pendek

Saat anda bertujuan untuk share video ke Instagram, tampaknya anda harus mengurungkan niat anda tersebut jika video itu berdurasi lebih dari 1 menit. Karena Instagram membatasi jumlah durasi video yang dapat kita upload, yaitu hanya 60 detik.
Baca Juga : Cara Jitu Membuat Blog Banyak Pengunjung Dalam Sekejap
Yap, itulah kelebihan dan kekurangan dari Instagram. Namun, apakah anda penasaran mengapa pada judul diatas dibilang bahwa Instagram ada sang peniru ?. Yap, karena akhir-akhir ini Instagram meniru fitur dari pesaingnya yaitu Snapchat. Fitur apa sih yang ditiru ? Apalagi kalau bukan fitur Stories. Memang ini merupakan ide yang cemerlang yang diterapkan oleh Facebook dengan menerapkan fitur Stories pada media sosial mereka selain Instagram, yaitu Facebook dan WhatsApp.
Walah seorang plagiat, tampaknya banyak orang yang juga merespon positif akan hadirnya fitur ini di Insagram, yang secara langsung membuat peminat akan Instagram semakin tinggi.

Hanya seorang pemikir dan pecandu teknologi dan juga berharap suatu saat nanti dapat membuat terobosan sendiri yang akan membuat dunia menjadi lebih baik.

Related Posts

Sang Peniru yang Sukses, Instagram
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung