4 Situs untuk Belajar Web secara Gratis

Related image
Coding merupakan kata kerja participle yang berasal dari kata code. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kode adalah tanda (kata-kata, tulisan) yang disepakati untuk maksud tertentu (untuk menjamin kerahasiaan berita, pemerintah, dan sebagainya) kumpulan peraturan yang bersistem; kumpulan prinsip yang bersistem. Merujuk kepada judul di atas, kemampuan ngoding adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah menggunakan bahasa pemrograman yang dipilihnya seperti bahasa C++, Pascal, HTML, CSS, dan Javascript. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kegiatan pembelajaran secara otodidak menjadi lebih mudah dimengerti dan diakses. Untuk seorang pemula yang memiliki minat dalam mengaplikasikan caranya untuk membuat semua program atau tampilan dalam bahasa komputer, berikut  ini penjelasan tentang website yang dapat meningkatkan pengetahuan Anda. Sebagai tambahan, situs-situs yang tertera di bawah ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa penghantar, sehingga tidak hanya skill ngoding yang didapat, tetapi skill dalam menguasai bahasa Inggris. 

1. W3Schools 

Tampilan awal w3schools
W3schools.com adalah sebuah situs web developer informasi dengan tutorial dan referensi yang berkaitan dengan topik pengembangan web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, SQL, dan JQuery. Jika Anda memiliki keinginan untuk membuat web dengan gaya sendiri, tidak sekedar mengikuti template yang ada pada sebuah provide, maka Anda harus belajar tentang bahasa-bahasa yang digunakan untuk pemrograman web. Situs ini dibuat dan dimiliki oleh Refsnes Data, pengembang perangkat lunak dari Norwegia. Tidak perlu mengeluarkan isi dompet karena memang situs ini gratis. Sehingga, cocok untuk pelajar, mahasiswa, dan pekerja-pekerja. 
Materi tentang CSS dan contohnya.


Situs ini menyediakan panduan referensi yang mencakup banyak aspek pemrogram web, termasuk teknologi seperti HTML, XHTML, CSS, XML, Javascript, PHP, ASP, SQL, dan lain-lain. W3schools menyediakan ribuan tutorial beserta contohnya. Tak lupa, terdapat pula tutorial penggunaan Bootstrap, JQuery, dan sejenisnya di situs ini.  Dengan menggunakan editor online yang disediakan, pembaca dapat mengedit contoh sehingga lebih mengerti perbedaan yang ada dan mengeksekusi kode eksperimental. Situs ini juga memiliki sub-sub judul yang pasti dapat membuat pembacanya lebih memahami apa yang ingin dipahami. Selain itu, terdapat fitur Latihan dan Kuis untuk melatih kemampuan. W3Schools juga menyediakan sertikat online sebagai solusi untuk professional yang harus menyeimbangkan antara kerja, keluarga, dan karir. Jadi, w3schools bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk belajar pemrograman internet secara otodidak,

2. Dash 

Tampilan awal Dash
Untuk situs ini, Anda diharuskan untuk sign-up jika belum memiliki akun Dash. Seperti situs-situs sebelumnya, Dash juga menyediakan tutorial HTML dan CSS. Walaupun begitu, general assembl.ly juga menyediakan kelas-kelas untuk SQL, Desain, dan sebagainya. Setelah membuat akun untuk situs ini, Anda akan dihadapkan dengan project-project yang diberikan oleh Dash. Tidak perlu takut, karena di setiap sub-sub project, terdapat slideshow yang berisi materi sesuai dengan projek, tempat untuk membuat kode, dan liveshow untuk melihat perbedaannya. Pada setiap slide, akan diberikan tantangan untuk melewati checkpoints. Anda dapat membuka skills dengan cara menyelesaikan tiap-tiap checkpoints pada tiap materi. Cara penyampaian yang mudah dimengerti cocok untuk pemula. Desain yang minimalis tapi menawan membuat pengguna menyukai situs ini. 



3. Codecademy 

Codecademy adalah situs yang bertekad untuk menjadi ‘tempat’ yang paling mudah diakses untuk mempelajari pemrograman internet. Codecademy memberi kelas-kelas untuk berbagai, seperti HTML & CSS, JavaScript, Sass, Java, Git, SQL, PHP, dan seterusnya. Bagi mereka, caranya adalah dengan menjaga konten-konten agar gratis. Walaupun demikian, dengan menggunakan Codecademy Pro, Anda akan mendapatkan akses untuk sumber-sumber pembelajaran yang lain dan penambahan konten-konten sehingga dapat meningkatkan keahlian Anda. Codecademy akan memberi Learning Plan yang dapat diatur sesuai dengan key skills yang ingin dikuasai. Anda dapat melihat perkembangan dengan fitur tersebut. Untuk saat ini, Codecademy hanya tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa akan tersedia dalam bahasa lain. 


Tampilan awal
Code School adalah sebuah online learning yang memberikan pelajaran melalui konten-konten yang menghibur. Pluralsight Company yang menaungi situs ini memiliki tujuan yaitu Democratize professional technology learning, making it more accessible to those around the world. Sama seperti w3schools, Code School juga menyediakan kelas untuk para pemula. Yang membedakannya adalah di Code School, Anda bisa belajar HTML/CSS, JavaScript, Ruby, Elixir, PHP, .NET, Python, iOS, Git, Database, dan Electives. Code School mengajarkan teknologi web dengan menggunakan pelajaran melalui video, tantangan dalam coding, dan screencasts. Sebagai prestasi, Code School telah memberikan dampak baik kepada lebih dari satu juta siswa dari 237 negara. 

Ketika Anda membuka situs ini, Anda akan diarahkan ke menu berisi pilihan materi yang ingin dipelajari. Para instruktur juga telah disediakan untuk membantu Anda di tiap kelas-kelas secara bertahap menggunakan video interaktif. Jika telah memahami memahami materi, anda akan ditantang untuk membuat kode-kode secara langsung. Setelah menyelesaikan tiap tantangan, Anda akan mendapatkan poin-poin untuk memperoleh lencana. 


Tak perlu takut jika kamu seorang pemula, karena Code School sendiri juga menyediakan petunjuk untuk pemula yang inginmenggunakan situs ini. Petunjuk menggunakan situs, bagaimana situs ini bekerja, cara membuat situs sendiri, mempromosikan situs, dan seterusnya akan dijelaskan di Code School. Tampilan Code School cukup menarik untuk membuat Anda semakin semangat dalam belajar. Sedikit tambahan, tidak semua kelas pada Code School dapat diikuti kecuali mendaftarkan diri sebagai pengguna berbayar. 


Dari empat situs tersebut, masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya . Ambil semua keuntungan yang tersedia demi pengetahuan. Tidak perlu merasa kerepotan dengan metode pembelajaran tersebut, karena kadang kita harus bersakit-sakit dahulu untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.  Yang pasti, jangan takut untuk terus meng-explore skills minat dan bakat Anda. 
I'm not telling you that it's going to be easy. But, just believe me, it's going to be worth it. Fighting!

Baca juga:

  1. Tahun 2017, Tahun nya Teknologi Canggih!
  2. Facebook Lovers? Ketahui ini !!!
  3. Kamu Pelajar? Mahasiswa? Ini dia Aplikasi yang Wajib ada di Android kamu!
  4. Cari Uang di Internet ? Gimana Caranya ?

Related Posts

4 Situs untuk Belajar Web secara Gratis
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
September 11, 2017 at 12:25 AM

Ijin nambah referensi gan :)
lumayan buat belajar atau cari bahan project
9eel.com

Reply

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung