Mari Mengenal Git Lebih Dekat



Hallo sahabat VYV Jumpa lagi dengan saya admin yang paling kalem ini, nah pada pertemuan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai GIT. pasti dari kalian ada yang bertanya-tanya apasih GIT itu atau dari kalian ada yang berpikir bahwa GIT itu sejenis dari umbi-umbian hahaha bercanda kok sahabat VYV. GIT adalah perangkat lunak pengontrol versi yang diciptakan oleh  Linus Torvalds, yang mana GIT ini diciptakan untuk pengembangan Kernel Linux. Penasaran seperti apa GIT itu, yuk kita bahas lebih rinci...

Apa Sih Bluetooth Beacon Itu?? Penasaran, Cek Disini!!!

Sejarah Singkat GIT

Git adalah perangkat lunak pengontrol versi yang diciptakan oleh Linus Torvalds, yang mana Git ini diciptakan untuk pengembangan Kernel Linux. Git pada awalnya dirancang sebagai mesin tingkat rendah yang dapat digunakan untuk tampilan muka "Front End"  Namun selanjutnya proyek inti Git telah berkembang menjadi perangkat pengontrol versi lengkap yang dapat digunakan langsung.

Sama seperti hal-hal besar lainnya perkembangan Git banyak mengalami permasalahan dan kontroversi. Kernel Linux merupakan proyek perangkat lunak open source yang berskala besar, sepanjang perjalanan perawatan Kernel Linux ( 1991-2002 ) perubahan disimpan sebagai arsip-arsip berkas. Pada tahun 2002 proyek ini menggunakan sebuah DVCS propriatary bernama bitkeeper.

Pada tahun 2005 hubungan antara komunitas pengembang Kernel Linux dengan perusahaan yang mengembangkan Bitkeeper mengalami sedikit permasalahan internal dan status "GRATIS" pada Bitkeeper pun dicabut. permasalahan ini membuat komunitas pengembang Kernel Linux (khususnya Linux Torvalds, Sang pencipta linux) mereka harus mengembangkan Kernel Linux itu dengan sendirinya dengan berbekal pengalaman yang mereka peroleh bersama Bitkeeper.

Sejak kelahiran GIT pada tahun 2005, Git telah berkembang dan semakin mudah digunakan serta hingga saat ini kualitasnya masih terjaga. Git luar biasa cepat, efisien dalam proyek besar, dan memiliki sistem pencabangan yang luar biasa untuk pengembangan non-linear.

 Apa sih GIT Itu???
GIT merupakan sebuah Version Control System (VCS) yang digunakan dalam tim pengembangan perangkat lunak untuk bekerja bersama, artinya didalam Git ini sendiri memungkinkan untuk para developer sebuah aplikasi bersinergi untuk membangun sebuah aplikasi. Pada awalnya Git digunakan untuk membantu pengembangan Kernel Linux sebelum akhirnya dipakai lebih luas di berbagai pengembangan software lainnya dan dibuat multi-platform sehingga tersedia di hampir semua OS. Selain Git ada beberapa alternatif lain dari sistem VCS, contohnya: Subversion, Mercurial, CVS, dll.

GIT Sangat Penting Bagi Developer Software!!!

Dengan menggunakan Git, setiap orang dalam sebuah tim dapat melakukan perubahan pada source code tanpa harus takut terjadi bentrok ataupun kesulitan dalam menggabungkan hasil perubahan yang mereka lakukan. Dengan menggunakan Git, setiap perubahan pada source code akan terlacak pesan perubahannya, apa saja yang diubah, siapa yang mengubah dan kapan waktunya.

Fungsi Utama GIT!!!

Fungsi utama dari GIT ini adalah untuk mengatur versi dari source code anda, menambahkan tanda ketika terjadi perubahan pada kode Anda dan tentunya akan mempermudah Anda untuk tetap mengetahui apa saja yang berubah dari source code Anda.

Yupz, sampai disinilah pembahasan kita mengenai GIT. saya harap artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan para sahabat VYV.

Mohon Maaf Bila Ada Kesalahan Dalam Penulisan Artikel

"Karena Sesungguhnya Manusia Tidak Ada Yang Sempurna"

Thanks, See You Nextime Kangbro...

Aku adalah bocah kecil yang sangat haus ilmu seputar jaringan komputer. 

"Nilai Dan Prestasi Bukanlah Prioritas Utama Untuk Bisa Hidup Sukses Dimasa Depan"  -RAZ-

Related Posts

Mari Mengenal Git Lebih Dekat
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung