Bahasa Pemrograman C dan C++

Hallo Sahabat VYV kembali bersama saya disini, untuk berbagi ilmu dengan kalian para sahabat VYV. Disini saya akan membahas tentang Bahasa Pemograman C dan C++. Selamat membaca...





1. Pengenalan Bahasa Pemograman C dan C++

      Bahasa Pemograman C merupakan salah satu bahasa pemograman computer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone  Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan computer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur computer, bahkan terdapat beberapa compiler yang sangat ppopuler telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa popular lainnya, terutama C++ yang merupakan ekstensi dari C.

     Bahasa Pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1983. Bahasa ini merupakan perkembangan dari bahasa C yang dimana bahasa pemrograman ini sangat kompatibel dengan berbagai jenis mesin dan platform (seperti DOS, UNIX, VMX, WINDOWS dan sebagainya) karena oembuatan bahasa pemrograman ini mengacu pada standar ANSI ( American National Standards Institute ). Keistimewaan bahasa pemograman C++ yang paling berarti adalahdapat mendukung pemrograman berorientasikan objek.

2. Struktur Program C++

Bentuk Struktur penulisan program C++ secara sederhana adalah sebagai berikut :
#include <stdio.h>
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
int main ()
{
    int a,b;
    a=5+4*6/3;
    b=(5+4)*6/3;
    cout<<"Hasil dari 5+4*6/3   ="<<a<<endl;
    cout<<"Hasil dari (5+4)*6/3 ="<<b<<endl;
    getch();
}

Keterangan :

Bagian awal merupakan Header. Header ini digunakan untuk memanggil nama file bawaan bahasa pemrograman C++ atau file yang kita ciptakan sendiri agar fungsi yang termuat didalam file tersebut dapat digunakan pada saat membuat program. Untuk memanggil file header tersebut harus diawali dengan #include kemudian nama file header bawaan ditulis didalam tanda "<>" ( seperti <iostream.h>, <conio.h>, <stdio.h>). Jika merupakan file diciptakan sendiri ditulis dengan menggunakan tanda " " (petik ganda) seperti "fungsi1.h", "fungsitambahan.h" dan sebagainya.
Contoh penulisan lengkapnya adalah sebagai berikut.
#include <iostream.h>
#include <stdio.h>
#include <conio.h>

Masing - masing header memilki isi fungsi nya masing-masing. Seperti :
a. iostream.h digunakan untuk melakukan fungsi input output pada program C++ dimana pada contoh program diatas kita memakai fungsi cout dan cin.
b. stdio.h digunakan untuk melakukan operasi input output pada program C seperti menggunakan operasi printf, scanf, gets(), put() dan sebagainya.
c. conio.h digunakan untuk memanggil fungsi yang dapat membaca masukan dari keyboard seperti getch() (fungsi ini digunakan pada program diatas), getche() dan sebagainya. 

3. Tipe Data

Ada beberapa jenis tipe data pada pemrograman C++ ini, yaitu sebagai berikut :

No.
Tipe Data
Ukuran
Range
Penjelasan
1.
Char
1 byte
-128 s.d 127
Untuk jenis karakter atau string
2.
int
2 byte
-32768 s.d 32767
Untuk jenis bilangan bulat
3.
float
3 byte
-3.4E-38 s.d 3.4E+38
Untuk jenis bilangan pecahan
4.
double
8 byte
-1.7E-308 s.d 1.7E+308
Untuk jenis bilangan pecahan dengan kapasitas yang lebih besar
5.
bool
-
-
True or false
6.
string
-
-
String

4. Penulisan Identifier

Identifier merupakan suatu nama yang digunakan sebagai pengenal dari sutu variabel, fungsi, konstanta, struct, objek dan sebagainya. Penulisan identifier yang sah harus mengikuti aturan berikut :
1. Gabungan dari huruf- huruf. Contoh : nama, saya, aku, satu dan sebagainya.
2. Gabungan dari huruf dan angka dimana harus diawali dengan huruf terlebih dahulu. Contoh : N01, N4ma, Say4 s4t0 dan sebagainya.
3. Dimulai dengan tanda underscore. Contoh :_aku, _ kamu, _dia
4. Apabila lebih dari satu kata digunakan tanda underscore. Contoh : saya_makan, aku_cinta_dia, fungsi_satu, konstanta_1 dan sebagainya.

Catatan :
Penulisan sintaks program C++ merupakan case sensitive, yaitu penulisan huruf kecil dan huruf besar sangat berpengaruh terhadap sintaks program karena apabila ada kata yang sama tetapi berbeda cara penulisannya dianggap berbeda. Contoh : Saya dengan saya, kamu dengan kAmu, hallo dengan HALLO dan sebagainya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap nama variabel, fungsi, konstanta dan sebagainya.

Sekian artikel mengenai Bahasa Pemrograman C++ , semoga artikel ini dapat dimengert para sahabat Viyovi. Sampai Jumpa di artikel kami selanjutnya ya...
See you.....

Related Posts

Bahasa Pemrograman C dan C++
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
March 5, 2017 at 9:15 PM

Terimakasih gan infonya. Ternyata baru basicnya C ya hehe, buat lg gan artikel tntg lebih dalamnya spt rumus if else, while, atau yg lain.

Reply

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung