Apa Sih Profesi Network Administrator Itu??


Hallo sahabat VYV, Jumpa lagi dengan admin yang kalem dan pendiam ini. nah pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai profesi yang mungkin sangat jarang terdengar di telinga para sahabat VYV, yaitu Network administrator. profesi ini mungkin yang menjadi salah satu cita-cita terbesar untuk kalian alumni Smk jurusan TKJ hahaha cita-cita kalian sama saya sama ya... ok tanpa mengulur-ulur waktu lagi mari kita bahas sekarang.

Network Administrator

Gambar terkait

Network Administrator adalah salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan yang telah mengimplementasikan teknologi komputer dan internet sebagai penunjang pekerjaan. Pada intinya seorang network administrator bertugas mengelola serta menjaga seluruh sistem jaringan yang ada, agar kinerja jaringan tersebut menjadi lebih efektif dan efesien. Ada beberapa defenisi tentang network administrator yaitu:
  • Controlling corporate strategic assets
  • Controlling complekxity
  • Improving service
  • Balancing various needs
  • Reducing downtime
  • Controlling costs
Berikut beberapa hal yang harus dikuasai seorang network administrator sebelum menjalankan tugas dan tanggung jawabnya:
  • Mengetahui tentang dasar komputer teori maupun praktek, hal ini sangat penting karena seorang administrator harus mampu mengetahui kerja sistem computer dengan baik. Termasuk di dalamnya adalah basic hardware networking, basic IP dan Subnetting , technology switching, & routing. 
  • Mengetahui tentang berbagai perangkat keras jaringan komputer seperti: repeater, hub, switch, router, antena, kabel dan berbagai perangkat pendukung lainnya, pemahaman meliputi cara kerja, pemasangan dan konfigurasi.
  • Mengetahui tentang routing teori maupun konfigurasi harus di kuasai dengan baik agar mampu membangun jaringan dengan baik hal ini sangat diperlukan terutama jika komputer ataupun sub organisasi perusahaan sangat banyak.
  • Mengetahui tentang sistem keamanan komputer
  • Selain kemampuan teori maupun praktek yang harus dikuasai dengan baik hal lain adalah memiliki etika profesional, tanpa etika dan sikap seorang profesional yang baik maka semua kemampuan teori maupun praktek yang dikuasai tidak akan berarti banyak.

Dalam menjalankan pekerjaan sebagai seorang network administrator memang tidak gampang selain harus mempunyai pengalaman dan ijasah formal juga harus didukung dengan program sertifikasi untuk mendukung beberapa hal, yaitu :

  • Memberi cara yang standart dan terukur untuk mengukur kemampuan teknis. 
  • Adanya pengakuan secara global baik pemerintah maupun swasta tentang tingkat kemampuan seseorang terhadap sebuah profesi yang ia geluti.
  • Memperoleh peningkatan karier dan pendapatan. 
  • Adanya pengakuan organisasi profesi sejenis.
  • Membuka akses lapangan pekerjaan.
  • Pekerjaan IT Membutuhkan expertise.

Hasil gambar untuk ethics wallpaper

Setiap profesi selalu mempunyai kode etik, nah untuk itu seorang network administrator pun juga memiliki etika profesi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya yaitu:
  • Kode etik profesi memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan. Maksudnya bahwa dengan kode etik profesi, pelaksana profesi mampu mengetahui suatu hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.
  • Kode etik profesi merupakan sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan. Maksudnya bahwa etika profesi dapat memberikan suatu pengetahuan kepada masyarakat agar juga dapat memahami arti pentingnya suatu profesi, sehingga memungkinkan pengontrolan terhadap para pelaksana di lapangan kerja.
  • Kode etik profesi mencegah campur tangan pihak di luar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi. Arti tersebut dapat dijelaskan bahwa para pelaksana profesi pada suatu instansi atau perusahaan yang lain tidak boleh mencampuri pelaksanaan profesi di lain instansi atau perusahaan. Seorang Netwok Administrator yang berkerja dalam Team maupun individual tentunya memiliki kemampuan dalam hal IT Network / Network Administrator, memahami LAN, WAN, Mailserver, PDC/BDC, Linux atau Free BSD, menguasai Linux Server, menguasai Windows Administrator Tool. Selain itu Network Administrator juga harus memiliki kemampuan menghubungkan perangkat keras, Administrator dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network, Administrator perangkat network, memahami routing, mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya, mengelola network scurity, monitor dan Administrater sebuah database.
Woow, bagaimana sahabat VYV mengenai artikel kita yang membahas profesi network administrator. apakah para sahabat VYV menjadi tertarik untuk menggeluti profesi ini. oh ia admin ada satu pesan buat kalian...
Bukan ilmu yang menjadi prioritas utama untuk menjadi orang yang sukses, tetapi sikap dan etika lah yang menjadi prioritas utama

Ok sahabat VYV sampai disini dulu artikel kita, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian para sahabat VYV dan anak-anak TKJ.
Sekian dari artikel saya, mohon bila ada kesalahan dalam penulisan kalimat.
Sesungguhnya Manusia Tidak Ada Yang Sempurna
Thanks, See you nextime kangbro...

Aku adalah bocah kecil yang sangat haus ilmu seputar jaringan komputer. 

"Nilai Dan Prestasi Bukanlah Prioritas Utama Untuk Bisa Hidup Sukses Dimasa Depan"  -RAZ-

Related Posts

Apa Sih Profesi Network Administrator Itu??
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung