Mari Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Linux Debian

Hasil gambar untuk Linux debian


Hallo sahabat VYV, Jumpa lagi dengan admin yang ganteng ini, nah pada pertemuan kali ini kita akan membahas dan mengenal lebih dekat Linux Debian. Pasti sahabat VYV bertanya-tanya apa sih Linux Debian itu, apa sih kegunaan dari Linux Debian, dll. untuk menghilangkan rasa penasaran para sahabat VYV langsung aja kita bahas ya...

Pengertian Linux Debian


Debian adalah sistem operasi berbasis open source yang di kembangkan secara terbuka oleh banyak programmer sukarelawan yang ingin mengembangkan Linux Debian. Sistem operasi debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU (General Public License), dan utamanya menggunakan kernel linux, sehingga lebih suka di sebuat dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi ini yang mengunakan kernel linux yang merupakan salah satu distro linux yang populer dengan kesetabilannya. Rata-rata distro turunan dari debian adalah yang paling banyak digunakan di dunia, contoh  seperti : Ubuntu, Linux Mint, dan Backtrack.
Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari Unix dan perangkat lunak bebas. Debian dapat digunakan pada beragam perangkat keras, mulai dari komputer jinjing dan desktop hingga telepon dan server. Debian fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya.


Sejarah Singkat Linux Debian

Linux Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock, beliau adalah mahasiswa dari Universitas Purdue, United States. Nama Debian berasal dari gabungan nama Ian dengan nama mantan kekasihnya Debra.
Pada awalnya, Ian memulainya dengan memodifikasi distribusi SLS (Softlanding Linux System). Namun, ia tidak puas dengan SLS yang telah dimodifikasi olehnya sehingga ia berpendapat bahwa lebih baik membangun sistem (distribusi Linux) dari nol (Dalam hal ini, Patrick Volkerding juga berusaha memodifikasi SLS. Ia berhasil dan distribusinya dikenal sebagai "Slackware")

Namun pada Proyek Debian ini mengalami pertumbuhan lambat pada awalnya dan merilis versi 0.9x pada tahun 1994 dan 1995. Pengalihan arsitektur ke selain i386 dimulai pada tahun 1995. Versi 1.x dimulai tahun 1996.
Pada tahun 1996, Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai Pemimpin Proyek. Dalam tahun yang sama pengembang debian Ean Schuessler, berinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines, memberikan standar dasar komitmen untuk pengembangan distribusi debian. Dia juga membentuk organisasi "Software in Public Interest" untuk menaungi debian secara legal dan hukum.

Kapan Linux Debian Merilis Versi Yang Lebih Stabil ?

Pada Februari 2011, versi rilis stabil terakhir adalah versi 6.0, dengan kode nama squeeze. Saat versi baru dirilis, versi stabil sebelumnya yaitu versi 5.0 dengan kode nama lenny menjadi oldstable
Sebagai tambahan, rilis stabil dengan pemutakhiran minor (disebut sebagai titik rilis). Skema penomoran untk titik rilis hingga Debian 4.0 adalah termasuk huruf r (untuk rilis) setelah nomor versi utama (misal: 4.0) diikuti dengan nomor titik rilis; sebagai contoh, titik rilis terakhir dari versi 4.0 (etch) 8 Desember 2010 adalah 4.0.r9. Dari Debian 5.0 (lenny), skema penomoran dari titik rilis telah berubah dan mengikuti standar penomoran versi GNU; jadi, sebagai contoh, titik rilis pertama dari Debian 5.0 adalah 5.0.1 (bukan 5.0r1).
Tim keamanan Debian merilis pemutakhiran keamanan untuk rilis mayor stabil terakhir, sama seperti dengan versi stabil sebelumnya, selama satu tahun. Versi 4.0 dirilis pada 8 April 2007, dan tim keamanan mendukung versi 3.1 hingga 31 Maret 2008. Untuk penggunaan pada umumnya, sangat direkomendasikan untuk menjalankan sistem yang menerima pemutakhiran keamanan. Distribusi testing juga menerima pemutakhiran keamanan, namun waktunya tidak se-teratur seperti versi stabil.

Berikut adalah jenis-jenis versi dari Linux Debian :
Linux Debian 1.1 ( Buzz )
Linux Debian 1.2 ( Rex )
Linux Debian 1.3 ( Bo )
Linux Debian 2.0 ( Hamm )
Linux Debian 2.1 (Slink)

Linux Debian 2.2 ( Potato ) 
Linux Debian 3.0 ( Woody )
Linux Debian 3.1 ( Sarge )
Linux Debian 4.0 ( Etch )
Linux Debian 5.0 ( Lenny )
Linux Debian 6.0 ( Squeeze )
Linux Debian 7.0 ( Wheezy )
Linux Debian 8.0 ( Jessie )


Berikut adalah screenshoot dari tampilan Linux versi CLI & GUI

1. CLI ( COMMAND LINE INTERFACE )
Hasil gambar untuk Debian cli


2. GUI ( GRAPICHAL USER INTERFACE )
Hasil gambar untuk DEBIAN GUI

Nah bagaimana para sahabat VYV apakah artikel ini bermanfaat bagi sahabat VYV ?? Ya semoga bermanfaat ya, sekian dari artikel saya.
"TERIMA KASIH"


Aku adalah bocah kecil yang sangat haus ilmu seputar jaringan komputer. 

"Nilai Dan Prestasi Bukanlah Prioritas Utama Untuk Bisa Hidup Sukses Dimasa Depan"  -RAZ-

Related Posts

Mari Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Linux Debian
4/ 5
Oleh

- Dilarang memberikan komentar berbau SARA, pornografi dan provokasi
- Dilarang menyematkan link aktif
- Berkomentarlah sesuai dengan isi konten
- Komentar akan kami respon secepatnya

Terima Kasih telah berkunjung